Bahan Baku Pembuatan Furnitur Jepara

Furnitur Jepara sekarang memang banyak diminati oleh para pembeli. Pun Furnitur yang berasal dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini sudah amat familiar di dunia. Untuk pemasaran sendiri telah dipasarkan dalam 4 bentuk ialah mebel atau Furnitur separuh jadi atau belum dijalankan tahap finishing pelitur, mebel yang telah dikerjakan tahap finishing pelitur, mebel yang sudah jadi dan dipasarkan secara online, serta mebel pangsa ekspor yang dijual oleh pengusaha yang berasal dari Jepara.

Untuk bahan bakunya, Mebel Jepara ini menerapkan variasi kayu jati. Kecuali ini disebakan karena tipe kayu tersebut tidak gampang diserang hama seperti rayap sehingga mebel yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan lama malahan sampai ratusan tahun. Selain itu, kayu jati mempunyai warna yang khas dan mempunyai serat yang halus. Bahan baku dalam produksi mebel berikutnya merupakan kayu olahan seperti serbuk kayu dan serat kayu.

Untuk kayu olahan sendiri terbilang amat efisien karena dalam pengerjaan pembuatannya menggunakan hampir semua bagian pohon. Selain hal yang demikian yang menyebabkan kayu olahan ini dipasarkan dengan harga yang lebih murah sebagai bahan baku dalam produksi mebel. Akan tapi, tipe bahan baku ini memiliki energi yang lebih rendah bila dibandingi dengan kayu solid. Kecuali itu, kayu olahan bisa bertahan sampai lebih dari 10 tahun, namun kayu ini nampaknya belum tersedia untuk mebel yang dijadikan oleh pengrajin Jepara.

Selain bahan kayu olahan, bahan Mebel selanjutnya yaitu kayu solid. Bahan baku Furnitur yang satu ini yaitu bahan yang paling kuat dibanding bahan kayu olahan, sehingga harganya lebih mahal. Kelebihan menggunakan kayu solid sebagai bahan baku dalam pembuatan Furniture ialah ketahanannya. Kecuali ini disebabkan karena kayu solid dapat bertahan sekitar 18 tahun pun lebih tergantung keadaan ruangan dan cuaca. Selain itu, bahan baku kayu yang ini dapat tahan terhadap air dalam waktu yang cukup lama. Untuk furniture jepara sendiri, biasanya mengaplikasikan bahan baku kayu solid agar Furnitur yang dibuat dapat bertahan lebih lama.